SMA NSA Surabaya Borong Medali ISIF 2019

Home / Pendidikan / SMA NSA Surabaya Borong Medali ISIF 2019
SMA NSA Surabaya Borong Medali ISIF 2019 Siswa SMA NSA Surabaya berhasil memboyong medali emas dan perak di ajang ISIF 2019. (FOTO: Istimewa)

TIMESJEMBER, SURABAYA – Meskipun baru pertama kali terjun dalam ajang Science and Innovation Fair 2019 (ISIF 2019), prestasi membanggakan diukir oleh tiga tim science dari SMA Nation Star Academy (SMA NSA) Surabaya.

Lomba sains dan inovasi internasional yang terselenggara di Bali pada tanggal 21-25 Juni 2019 lalu, menghantar pulang SMA NASA dengan penghargaan 2 medali emas dan 1 perak.

Selain ketiga medali, masing masing tim mendapat ‘special award' dari Malaysia Young Scientist Organisation (MYSO), Karademir Science Energy Engineering (Turkey) dan beasiswa utama sebesar Rp100.000.000 dari Indonesia International Institute for Life and Science (i3L).

Ketiga tim sains dari NSA terdiri dari 13 siswa. Tim pertama peraih medali emas terdiri dari Alicia, Angela, Tifany dan Michael yang memberi judul penelitian mereka ‘Foo Was Briquette". 

Penelitian mereka diawali dari keseharian melihat sisa- sisa makanan yang dibuang di kantin sekolah. Dari pengamatan tersebut timbul ide untuk memanfaatkan sisa-sisa makanan menjadi sesuatu yang berguna. “Maka kami sepakat membuat energi alternatif dari sampah makanan yang dijadikan briket,” ujar Alicia.

Tim kedua yang juga meraih medali emas, terdiri dari Andre, Fiscarine, Averina, Ruth dan Indra. Kelima siswa ini memberi judul penelitian mereka ‘E-Wallet‘, yaitu dompet yang mampu mencegah terjadinya pencurian data pada kartu kredit atau kartu lainnya yang memilikl basis RFID (Radio Frequency Identification). 

Selain mampu mencegah pencurian data kartu kredit, dompet ini juga terkoneksi dengan hand-phone, sehingga apabila dompet hilang atau dicuri, maka GPS yang terpasang dapat melacak lokasi dompet dengan menggunakan handphone. 

Demikian juga sebaliknya, bila HP hilang, maka lokasinya dapat dideteksi oleh dompet E wallet. Keuntungan lainnya dari dompet ini adalah kemampuan men-charge HP karena telah dilengkapi dengan power bank.

Tim ketiga peraih medali perak memberi judul penemuan mereka dengan "Mosqutrap". Anggota tim yang terdiri dari Bryan, Gede, Marc dan Prema membuat alat perangkap nyamuk sederhana namun efektif. Latar belakang dibuatnya alat ini karena banyaknya obat nyamuk yang dijual di pasaran mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. 

Guru pembimbing penelitian mereka, Fajar Agustus menuturkan bahwa keikutsertaan serta kemenangan para siswa kelas XI di SMA NSA dalam Iomba ini merupakan hasil kerja keras para siswa selama setahun.

Siswa kelas Xl di SMA NSA menjalani pelajaran Aplikasi Sains, dalam mata pelajaran tersebut, siswa didorong untuk berkreasi dengan ide-ide original untuk mengaplikasikan sains yang selama ini mereka pelajari menjadi suatu produk atau sistem yang bermanfaat dan tepat guna. 

“Di akhir tahun pengajaran, mereka diminta mewujudkan kreasi sains serta mempresentasikan di hadapan para guru dan seluruh siswa sains lainnya,” terang Fajar Agustus, Jumat (5/7/2019).

Hasil terbaik inilah yang diikutsertakan Iomba di ISIF untuk melengkapi portfolio para siswa. 

Usaha keras para siswa membuahkan hasil Iuar biasa, karena Iomba di ISIF ini merupakan kali pertama SMA NSA mengikutinya dan mampu membuktikan bahwa hasil pembejaran para siswa sains sungguh-sungguh dapat diaplikasikan  dan menghasilkan produk inovatif.

Meskipun mulai waktu mendaftar hingga pelaksanaan Iomba kurang hanya 3 minggu, terlebih dalam masa libur sekolah  Hari Raya ldul Fitri, namun tidak menyurutkan semangat para siswa sains SMA NSA. “Justru karena waktu yang singkat tersebut, mereka rela meluangkan waktu untuk berlatih presentasi dan mempersiapkan semua perlengkapan Iomba,” tambahnya.

Dalam persiapan di masa libur tersebut bukan hanya guru sains yang melakukan pembimbingan, namun kepala Sekolah SMA NSA, Sonya Kalengkongan, juga turun tangan untuk melakukan pengarahan langsung terkait presentasi yang dilakukam dalam Bahasa lnggris. Hasil kerja keras ketiga tim terrbayar dengan prestasi gemilang dalam ajang ISIF 2019 ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com