Nurul Fikri, Mahasiswi UM Jember yang Lolos Ikuti Summer Program Asia University Taiwan 2020

Home / Pendidikan / Nurul Fikri, Mahasiswi UM Jember yang Lolos Ikuti Summer Program Asia University Taiwan 2020
Nurul Fikri, Mahasiswi UM Jember yang Lolos Ikuti Summer Program Asia University Taiwan 2020 Nurul Fikri, mahasiswi FKIP UM Jember yang beruntung mengikuti Summer Program Asia University Taiwan 2020. (Foto: Humas UM Jember for TIMES Indonesia)

TIMESJEMBER, JEMBER – Cerdas, cantik, dan muda. Tiga hal tersebut dimiliki Nurul Fikri, mahasiswi FKIP Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember). Fikri menjadi satu-satunya mahasiswa Kampus Biru yang beruntung karena terpilih dalam kelas internasional di Summer Program Asia University Taiwan 2020. 

Dalam forum tersebut, perempuan kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu tampil sebagai salah satu peserta dalam kelas internasional, bersama peserta lain dari berbagai negara yang membahas seputar ekonomi dan budaya di Taiwan.

"Motivasi saya ikut utamanya ingin menambah pengalaman dan jejaring yang luas," kata mahasiswi yang mengambil jurusan Bahasa Inggris tersebut, Jumat (7/8/2020).

Fikri mengatakan bahwa dirinya telah mengikuti berbagai kegiatan dalam kelas internasional di Summer Program Asia University Taiwan 2020.

Kegiatan tersebut berlangsung sejak 21 Juli 2020 hingga 7 Agustus 2020.

Tahun ini, Summer Program Asia University Taiwan berlangsung secara virtual lantaran pandemi Covid-19.

"Saya mengikuti pembahasan setiap hari dengan rentan perkuliahan mulai pagi sampai sore," terang dara berusia 19 tahun tersebut.

Selain itu, dia mengatakan bahwa para peserta di dalam kegiatan itu juga didampingi oleh pakar dan guru besar dari Asia University Taiwan saat membahas tema-tema khusus. 

"Biasanya yang dibahas seputar bidaya, tren pertumbuhan perekonomian, dan tema-tema khusus lainnya dengan berbahasa Inggris. Saya bersyukur, ini kesempatan langka dan bonus saya," imbuh gadis yang dikenal ramah senyum itu.

Sebelumnya, ada 4 orang pendaftar dari UM Jember.

Namun hanya 1 yang lolos setelah melewati tahap seleksi dari pihak Asia University Taiwan.

Kegiatan yang tiap tahun dilaksanakan dan diikuti oleh UM Jember ini bagian dari implementasi kerja sama yang ada antara UM Jember dengan Asia University Taiwan.

Hal tersebut seperti yang dikatakan Nurul Fathiyah Fauzi, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UM Jember.

Dia menerangkan bahwa kerja sama kedua kampus tersebut sudah berlangsung sejak 2018.

"Total ada 26 MoU (Memorandum of Understanding) yang dilakukan UM Jember dengan institusi di Taiwan," ungkapnya. 

Nurul menerangkan, selain Summer Program kerja sama tersebut juga meliputi program pertukaran dosen dan pelatihan.

Dia berharap pandemi Covid-19 segera berakhir agar kegiatan Summer Program maupun pertukaran dosen dan mahasiswa kembali berjalan normal.

"Kalau mahasiswa melakukan student exchange dengan langsung pergi ke Taiwan pasti ada nilai lebih dan pengalaman yang bisa mereka petik," ujar Nurul yang juga dosen di Fakultas Pertanian UM Jember tersebut.

Nurul berharap, program yang telah disusun pihak KUI UM Jember dapat kembali berjalan dengan baik, terutama Summer Program yang tertunda tahun ini. "Kami sudah mencanangkan Summer Program di UM Jember di Juli kemarin. Tapi tertunda karena pandemi. Summer Program itu rencananya diikuti oleh 25 mahasiswa asing yang berasal dari penjuru negara," imbuhnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com