Hadirkan Pembicaraan Asing, AIESEC in Unej Dorong Mahasiswa Berwawasan Global

Home / Pendidikan / Hadirkan Pembicaraan Asing, AIESEC in Unej Dorong Mahasiswa Berwawasan Global
Hadirkan Pembicaraan Asing, AIESEC in Unej Dorong Mahasiswa Berwawasan Global Pemateri dari ki-ka: Jonas Ivanoc, Yasiqy Haidar, Megan Judith, dan Deirdre Conroy dalam Unej International Talkshow, Rabu (19/2/2020). (Foto: UKM Statsflix for TIMES Indonesia)

TIMESJEMBER, JEMBER – Sejumah mahasiswa Universitas Jember (Unej) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Statsflix atau AIESEC in Unej menggelar Unej International Talkshow.

Kegiatan yang digekar di Auditorium Fakultas Teknik Unej pada Rabu (19/2/2020) tersebut mengusung tema Pack Your Bag: The World is Awaiting.

Unej-Talkshow-2.jpg

Pembina UKM Stastflix Honest Doddy Molasy saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa dipilihnya tema tersebut agar para mahasiswa dapat memiliki wawasan global dan keinginan untuk mencari pengalaman kerja magang di luar negeri.

Bukan hanya itu. Honest juga menerangkan bahwa di dalam talkshow tersebut, mahasiswa mendapatkan tips dan trik jitu untuk memiliki pengalaman kerja magang di luar negeri.

"Saya berharap mahasiswa Unej berani mengambil kesempatan untuk bekerja, studi, dan magang hingga menjadi volunteer (sukarelawan) di luar negeri," kata Honest.

Salah satu pembicara asal Amerika Serikat (AS) Deirdre Conroy yang saat ini menjalani program fellowship di Centre for Human Rights, Muliculturalism, and Migration (CHRM2) Unej menceritakan tentang apa saja yang dilakukannya sehingga dirinya berkesempatan untuk mengikuti fellowship di salah satu pusat kajian HAM Universitas Jember itu.

Di hadapan sekitar 250 mahasiswa peserta talkshow tersebut, Conroy mengungkapkan bahwa kesempatan itu dia dapatkan melalui situs profellow.org.

Melalui situs tersebut, Conroy kemudian mendaftarkan diri, mempersiapkan segala dokumen yg dibutuhkan, lalu melakukan sesi wawancara melalui aplikasi percakapan video daring, Skype.

"Kemudian saya diterima untuk menjadi fellow di CHRM2 selama satu tahun. Budaya di tempat asal saya juga saya perkenalkan di sini sehingga mahasiswa Jember mengenal tentang budaya-budaya yang ada di Amerika," tutur jebolan Virginia Polytechnic Institute and State University, Blacksburg, Virginia, AS tersebut.

Unej-Talkshow-3.jpg

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari peserta. Salah satunya dari Donny Bagus Octavianto yang merupakan alumni Unej.

Menurutnya, Unej International Talkshow yang dihelat UKM Statsflix atau AISEC in Unej itu sangat menginspirasi mahasiswa yang ada di Jember.

"Karena kebanyakan mahasiswa masih belum berani bermimpi tinggi atau bahkan tidak memiliki mimpi untuk menjadi orang yang seperti apa setelah lulus kuliah nanti," ujar Donny.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat terus diadakan, tidak hanya kepada kalangan mahasiswa namun juga kepada masyarakat luas yang memiliki keinginan tinggi untuk mendapatkan pengalaman di luar negeri.

"Sekaligus mengajak mereka untuk berpikir global, karena sekarang zaman sudah berubah. Pemikiran yang open minded dibutuhkan bagi setiap orang untuk menjadi bagian international citizen. Dan menjadi lebih perhatian terhadap keadaan yang terjadi di dunia, bukan hanya Indonesia saja," imbuhnya.

Selain diisi oleh Deirdre Conroy, kegiatan Unej International Talkshow oleh AIESEC in Unej dan didukung oleh TIMES Indonesia sebagai media partner tersebut juga menghadirkan pemateri lain. Yakni Yasiqy Haidar (AIESEC Volunteer di Vietnam dan Thailand), Megan Judith (Peace Corps Fellow, AS), dan Jonas Ivanoc (AIESEC Volunteer dari Denmark). (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com