Tinggi Kolesterol, Batasi Konsumsi Makanan Sehat Ini

Home / Gaya Hidup / Tinggi Kolesterol, Batasi Konsumsi Makanan Sehat Ini
Tinggi Kolesterol, Batasi Konsumsi Makanan Sehat Ini Telur Puyuh. (FOTO: Istimewa)

TIMESJEMBER, JAKARTA – Tidak semua makanan sehat bisa dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Beberapa makanan sehat bisa berdampak buruk untuk kesehatan karena tinggi kolesterol. Jika sampai kadar kolesterol meningkat, maka risiko terkena masalah kardiovaskular juga akan ikut naik dengan signifikan.

Berikut ini berbagai makanan sehat namun tinggi kolesterol, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Telur puyuh

Dalam lima butir telur puyuh terdapat kandungan lemak jenuh sebanyak 1,6 gram. Jumlah ini lebih banyak dari satu butir lemak jenuh di dalam telur ayam biasa yang memiliki ukuran lebih besar, yakni sekitar 1,5 gram.

Hal ini berarti, jika kita mengonsumsi telur puyuh dengan berlebihan setiap hari, bisa jadi akan menyebabkan kenaikan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kita pun sebaiknya membatasi konsumsinya atau lebih cermat dalam mengolahnya demi mencegah kenaikan kolesterol.

2. Jeroan

Jeroan seperti hati, usus, hati, dan ampela memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Tetapi, penderita kolesterol tinggi diminta untuk tidak mengonsumsi jeroan karena kandungan kolesterolnya sangat tinggi.

Mengonsumsi 30 gram hati ayam, sama saja Anda mengonsumsi kolesterol sebanyak 130 mg. Bahkan, jika kita mengonsumsi satu potong hati sapi berukuran kecil, sudah mendapatkan kolesterol sebanyak 156 miligram.

3. Ikan sarden

Ikan sarden dikenal luas sebagai salah satu bahan makanan praktis yang mudah untuk dibuat. Namun, dibalik kenikmatan yang ditawarkan oleh ikan sarden, kandungan kolesterolnya ternyata sangat tinggi. M

Jika kita mengonsumsi ikan sarden dengan porsi 92 gram saja, maka kita sudah mendapatkan kolesterol sebanyak 131 mg.

4. Keju

Salah satu produk turunan susu ini ternyata juga tinggi kandungan kolesterol. Jika kita mengonsumsinya sebanyak 28 gram saja, maka kita sudah mendapatkan kolesterol sebanyak 27 miligram. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut konsumsi keju sebenarnya tidak akan memberikan pengaruh begitu besar bagi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

5. Yoghurt Tinggi Lemak

Ada banyak jenis yoghurt di pasaran. Salah satunya adalah yang tinggi lemak atau full-fat. Jika kita mengonsumsinya sebanyak 245 gram saja, maka sudah bisa mendapatkan 32 mg kolesterol. Hanya saja, yoghurt tinggi kandungan nutrisi sehat lainnya sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi. Kita juga bisa menambahkan buah-buahan pada yoghurt demi membuat tubuh semakin sehat.

Agar Anda terhindar dari berbagai risiko kesehatan, batasi konsumsi makanan sehat namun tinggi kolesterol di atas. Gantilah dengan makanan sehat lainnya yang rendah kolesterol dan membawa manfaat kesehatan untuk tubuh. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com