Sering Menahan BAB? Ini Bahayanya untuk Tubuh

Home / Gaya Hidup / Sering Menahan BAB? Ini Bahayanya untuk Tubuh
Sering Menahan BAB? Ini Bahayanya untuk Tubuh Ilustrasi - Dampak menahan BAB (FOTO: doktersehat)

TIMESJEMBER, JAKARTA – Pada kondisi tertentu, seseorang lebih memilih menahan keinginan untuk buang air besar (BAB). Menahan BAB bukan hanya tidak sehat tetapi juga sangat berbahaya bagi kondisi tubuh.

Semakin lama menyimpan tinja di usus besar, semakin sulit jadinya. Faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan kerusakan usus besar dan menggandakan tekanan saat mengeluarkannya nanti.

Untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari kebiasaan menahan BAB, simak ulasan berikut, dilansir dari Boldsky.

1. Waktu timbul keinginan BAB

Saat tinja menyentuh bagian rektum, itu otomatis mengirimkan sinyal untuk dikeluarkan. Biasanya terjadi pada pagi hari, terutama setelah minum kopi atau teh. Kafein bertindak sebagai stimulan usus yang membuat kita ingin segera membuang kotoran.

2. Menahan BAB lebih dari 2 jam

Bila menahan BAB lebih dari 2 jam, dalam beberapa jam pertama, kita akan merasakan tekanan di perut. Menahannya bisa menyebabkan perasaan seperti terengah-engah dan perut terasa kembung.

3. Menahan BAB lebih dari 6 jam

Tubuh akan mulai mempengaruhi kotoran. Kita akan kehilangan urgensi untuk BAB. Tapi intinya kita telah mengalami sembelit, salah satu efek samping menahan kotoran dalam waktu lama.

4. Menahan BAB selama 12 jam

Semakin lama tinja ditahan di dalam tubuh, semakin sulit mengeluarkannya kelak. Perut akan jadi lebih besar (buncit) dan sulit untuk menjadi rata kembali.

5. Jika terus menahannya

Dengan sengaja menahan BAB bisa menyebabkan tinja jadi mengeras seperti batu. Jika sampai mengalami hal ini, Anda akan memerlukan obat pencahar atau bahkan alat bantu untuk mengeluarkan tinja yang keras. Jadi intinya kita perlu segera pergi ke toilet bila merasakan gejala ingin BAB. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com