Meredakan Radang Tenggorokan dengan Cuka Apel, Bagaimana Caranya?

Home / Gaya Hidup / Meredakan Radang Tenggorokan dengan Cuka Apel, Bagaimana Caranya?
Meredakan Radang Tenggorokan dengan Cuka Apel, Bagaimana Caranya? Ilustrasi - Tips mengatasi radang tenggorokan (FOTO: iStock)

TIMESJEMBER, JAKARTA – Radang tenggorokan bisa membuat kita susah makan dan sulit bicara. Kondisi ini tentu sangat mengganggu. Untuk mengatasi hal ini biasanya kita disarankan banyak minum air putih dan istirahat. Ternyata selain itu, Anda bisa meredakan radang tenggorokan dengan cuka apel.

Dilansir dari Klik Dokter, cuka apel merupakan hasil olahan dari buah apel segar yang dihancurkan dan difermentasi dengan jangka waktu tertentu. Hasil proses panjang ini adalah cairan bercita rasa asam segar yang dipercaya mengandung berbagai kebaikan untuk tubuh. Salah satu yang dapat diperangi oleh bahan alami ini adalah radang tenggorokan.

Walau bukti ilmiah yang membenarkan hal ini masih sangat terbatas, tidak ada salahnya mencoba metode yang satu ini. Bersumber dari bahan alami dengan minimnya kemungkinan efek samping, cuka apel bisa jadi opsi untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman saat radang tenggorokan.

Dari proses panjang fermentasi apel tersebut dihasilkan asam asetat, senyawa yang disebut-sebut mampu berperan sebagai antikuman. Peran penting inilah yang dipercaya ampuh membantu mengatasi radang tenggorokan.

Namun, bila penyebabnya adalah bakteri, cuka apel tidak bisa dijadikan sebagai pengobatan tunggal. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri umumnya bersifat berat disertai dengan demam, dan kerap ditemui bercak putih di area dalam tenggorokan. Infeksi bakteri ini harus diterapi dengan antibiotik yang jenis dan dosisnya tepat.

Cuka apel tidak boleh diminum begitu saja. Rasanya yang pekat dan asamnya yang kuat justru dapat memperparah iritasi dan radang bila diminum langsung tanpa dicairkan.

Untuk itu, pastikan cuka apel yang dikonsumsi sudah dilarutkan dengan air. Suhu air yang digunakan boleh sedikit hangat agar memberikan efek nyaman pada area sekitar tenggorokan.

Selain diminum, cuka apel juga bisa dijadikan sebagai bahan membuat larutan berkumur untuk meredakan radang tenggorokan. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dan garam ke dalam satu gelas air hangat dan berkumurlah dengan larutan ini. Tambahan garam yang terkandung dalam larutan dapat membantu meningkatkan efektivitas antiradang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com