Soto Bening Khas Boyolali yang Ringan di Lidah, Bikin Yuk

Home / Gaya Hidup / Soto Bening Khas Boyolali yang Ringan di Lidah, Bikin Yuk
Soto Bening Khas Boyolali yang Ringan di Lidah, Bikin Yuk Soto Bening Khas Boyolali. (FOTO: dokpri)

TIMESJEMBER, MALANG – Biasanya soto punya kuah yang cenderung berwarna kuning. Namun di Boyolali Jawa Tengah, soto yang disajikan punya kuah yang bening.

Nah lantas bagaimana cara membuat soto bening yang enak?

Sebelum membuat soto ayam bening, siapkan lebih dulu semua bahan dan bumbunya. Seperti daging ayam, pilih ayam agak tua, sebab ayam tua menghasilkan kaldu yang lebih nonjok. Selain itu tekstur suwiran ayam tua lebih bertekstur. 

Selanjutnya siapkan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, sereh, daun salam dan lain sebagainya. Kalau semua bahan sudah siap, soto bisa langsung diracik.

Tumis bumbu halus

Jangan dulu merebus ayam jika bumbunya belum siap. Haluskan bumbu soto mulai dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan merica. Kalau mau membuat soto bening kuning, tambahkan kunyit yang juga dihaluskan bersama bumbu lainnya.

Selain bumbu halus, gunakan juga bumbu yang digeprek, seperti sereh, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Semua bumbu ini ditumis hingga harum dan matang lalu angkat dan sisihkan. Bumbu tumis ini bisa dicampurkan pada air rebusan ayam.

Teknik merebus ayam

Siapkan ayam yang sudah dipotong-potong lalu rebus dalam panci. Masukkan ayam saat air masih dalam keadaan dingin agar pori ayam terbuka dan seluruh sari ayam keluar maksimal. Jika ada busa mengumpul di permukaan air, buang segera karena ini adalah kotoran dan lemak.

Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis, masak dengan api sedang selama 1 jam. Angkat ayam namun tetap masak kuah kaldunya. Goreng ayam hingga matang, angkat dan sisihkan.

Bahan isian soto

Siapkan bahan isian soto seperti bihun, tauge dan kol yang diiris halus. Campurkan bahan isian ini ke dalam mangkuk, jangan lupa lengkapi dengan daging ayam suwir.

Guyur dengan kuah kaldu soto yang masih panas, sajikan segera selagi masih hangat. Soto bisa juga dilengkapi dengan berbagai pelengkap seperti sambal, kecap manis dan jeruk nipis supaya rasanya semakin segar.

Sambal pelengkap

Resep sambal soto
- Bahan
10 butir cabai rawit merah
5 siung bawang putih
Garam secukupnya

- Cara membuat
1. Ulek cabai dan bawang putih hingga halus,
2. Tambahkan garam secukupnya, aduk rata,
3. Sajikan sebagai pelengkap soto

Sajikan semangkuk soto bening khas Boyolali dengan kerupuk udang. Dijamin semangkuk saja pasti kurang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com